You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Simoangin-angin
Desa Simoangin-angin

Kec. Wonoayu, Kab. Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur

Warga Dusun Simo Jaga Tradisi Turun Temurun di Punden Mbah Jogo Regso

Operator 11 Juli 2024 Dibaca 94 Kali
Warga Dusun Simo Jaga Tradisi Turun Temurun di Punden Mbah Jogo Regso

Dusun Simo, 11 Juli 2024 – Sebagai bentuk penghormatan terhadap leluhur dan memohon berkah untuk musim tanam, warga Dusun Simo kembali menggelar tradisi turun tanam di Punden Mbah Jogo Regso pada Kamis, 11 Juli 2024. Kegiatan yang telah berlangsung turun temurun ini menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Dusun Simo.

Sebelum memulai masa tanam, seluruh petani berkumpul di punden untuk melakukan ritual sederhana. Mereka membawa hasil bumi sebagai persembahan dan memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tradisi ini diyakini sebagai wujud syukur atas segala rezeki yang telah diberikan dan harapan agar mendapatkan hasil panen yang melimpah serta terhindar dari hama penyakit.

Tradisi ini bukan hanya sekedar ritual, tetapi juga menjadi momen untuk mempererat tali persaudaraan antar petani. Dengan menjaga tradisi ini, alam akan memberikan yang terbaik juga untuk para petani.

Selain nilai religius dan sosial, tradisi turun tanam juga memiliki nilai ekologis. Dengan menjaga kelestarian lingkungan dan menjalankan pertanian secara berkelanjutan, diharapkan dapat menjaga kesuburan tanah dan ketersediaan air untuk generasi mendatang.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image