You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Simoangin-angin
Desa Simoangin-angin

Kec. Wonoayu, Kab. Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur

Inovasi Kolaborasi Perangkat Desa dan Mahasiswa KKN dalam Mengembangkan Data Base Desa Cinta Statistik di Desa Simoangin-angin

Operator 22 Agustus 2024 Dibaca 107 Kali
Inovasi Kolaborasi Perangkat Desa dan Mahasiswa KKN dalam Mengembangkan Data Base Desa Cinta Statistik di Desa Simoangin-angin

Sidoarjo, 22 Agustus 2024 - Mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya berkolaborasi dengan Desa Simoangin-Angin dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN), membantu pelaksanaan program Desa CANTIK (Cinta Statistik).

Menurut Mohamad Isma'il, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Sidoarjo, Desa Cinta Statistik adalah program nasional yang bertujuan meningkatkan kapasitas desa dalam mengidentifikasi kebutuhan data dan potensi yang dimiliki setiap desa atau kelurahan. Desa Cantik adalah program berkelanjutan yang telah dilaksanakan oleh BPS sejak tahun 2021 di seluruh Indonesia.

Desa Simoangin-Angin  dengan inovasi berbasis data di bidang pertanian dan industri kecil, berhasil terpilih sebagai perwakilan Desa Cinta Statistik dari Sidoarjo. Desa ini akan bersaing di tingkat nasional untuk memperebutkan gelar desa pengelola data terbaik, dengan harapan dapat menginspirasi desa lain di Indonesia untuk memanfaatkan data dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada Rabu, 7 Agustus 2024, dipimpin langsung oleh Nofriana Florida Djami Raga SST., M. Sc dari Badan Pusat Statistik Kota Sidoarjo, dilakukan pembinaan kepada perangkat desa dan mahasiswa KKN mengenai cara pendataan UMKM di Desa Simoangin-Angin.

Selanjutnya, kegiatan pendataan UMKM dilakukan secara door-to-door (rumah ke rumah) oleh mahasiswa yang didampingi kader Desa Simoangin-Angin.

Data yang terkumpul kemudian diperiksa ulang oleh BPS untuk menghindari kesalahan, sebelum digunakan dalam pengembangan aplikasi titik koordinat pemilik usaha UMKM di Desa Simoangin-Angin.

Melalui program Desa Cantik Simoangin-angin ini, diharapkan kapasitas statistik desa dapat meningkat dengan memperbarui data lama menjadi data terkini yang berkualitas dan dapat digunakan dalam perancangan pembangunan Desa Simoangin-Angin.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image